..

..

JANGAN SALAH MENAFSIRKAN AYAT AYAT PERANG DALAM AQUR'AN


SELURUH AGAMA DIDUNIA DI DALAM KITAB SUCINYA MENCANTUMKAN AYAT AYAT PERANG,DAN SELURUH NEGARA DI DUNIA MEMPUNYAI UU PERANG (UU PERTAHANAN NEGARA)
Beberapa Ayat ayat perang dalam agama Hindu :
1.Ati dhavata atisara,indrasya vacasa hata,avim vrka iva mathnita,sa vo jivan ma moci ( Yayur veda v.8.4) Artinya : "Ya para pelopor,bunuhlah lawan,bantailah musuh musuh sesuai perintah Hyang Indra.Remukkan para lawan seperti serigala membantai biri biri tanpa mengecualikan satupun yang hidup.
2.Mayi sarwani karmani,samnyasya'dhyat macetasa nirsir nirmamo bhutwa yudhyaswa wigtajwarah (BG III.30) Artinya : "Tunjukkan semua kerjamu kepadaKu,pusatkan pikiranmu kepadaKu,bebaskan dari segala nafsu keinginan.Berperanglah,enyahkan rasa gentarmu.
Disini saya tidak akan menerangkan tentang maksud ayat perang yang tercantum dalam agama Hindu tsb.Disini saya hanya menunjukan kepada pembaca bahwa bukan agama Islam saja yang mencantumkan ayat ayat perang,tapi dalam kitab suci agama Hindu di cantumkan.Tapi saya yakin seyakinnya mempunyai tujuan mulia di balik ayat yang kelihatan provokatif tsb.Sebagai umat beragama non Hindu maupun umat Hindu jgn gegabah menafsirkan,harus dipelajari secara utuh,sebab sebab mantra tsb di ajarkan.
Bebarapa Ayat ayat perang dalam agama Kristen/K Katholik :
1."Lalu berkataalah Musa kepada bangsa itu,baiklah sejumlah dari antaramu mempersenjatai diri untuk berperang,supayamereka melawan Midian.Untuk menjalankan pembalasan Tuhan terhadap Midian (bilangan 31:3 Kitab Perjanjian Lama}.
2. Kemudian berperanglah mereka melawan Midian, seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa, lalu membunuh semua laki-laki mereka.(bilangan31:7 Kitab perjanjian lama).
3. Segera setelah kamu merebut kota itu, haruslah kamu membakarnya; sesuai dengan firman TUHAN kamu harus melakukan semuanya itu; ingatlah, itulah perintahku kepadamu.” (Al kitab 8:8)
Dari beberapa cuplikan ayat ayat dalam Kitab suci Kristiani tersebut jelas bahwa dalam Al Kitab pun juga memuat ayat ayat perang.Tapi sekali lgi saya katakan kpd non Kristiani ataupun penganut Kristiani dalam memahami ayat inipun harus berhati hati supaya tidak salah tafsir.
begitu juga Negara negara di dunia semuanya dalam UU konstitusinya mencantumkan ayat ayat perang atau lebih di kenal dengan UU Pertahanan negara.Dalam UUD1945 Pasal 11 ayat 1 : "Presiden atas persetujuan dewan Perwakilan Rakyat menyatakan perang,membuat perdamaian dan perjanjian dengan negara lain.pengaturan secara rinci mengenai perang sebagai sebuah Pertahanan Nasional di atur dalam UU Pertahanan negara.
AYAT AYAT PERANG YANG TERCANTUM DALAM ALQUR'ANIL KARIIM 
Alqur'an terdiri dari 30 juz dan 114 surat.Semua surat dalam Alqur'an muqoddimahnya di awali dengan : Bimillahirrohmanirrohiim.
Hanya ada satu surat yang tidak dimulai dengan bismillaahirrohmaanirrohiim yaitu surat At Taubat.Karena di dalamnya berisi ayat ayat perang.
Qs 8:39 : "Dan perangilah mereka,supaya tidak ada fitnah,dan supaya agama itu hanya untuk Alloh.Jika mereka berhenti ( dari kekafirannya)Sesungguhnya Alloh Maha Melihat apa yang mereka kerjakan.
Ayat ini adalah perintah kepada umat muslim agar memerangi MEREKA.Siapakah yang di maksud mereka?Yang di maksud meraka menurut ayat ini adalah orang orang kafir.
Siapakah orang kafir itu? kafir dari bahasa arab "kafaro" artinya tertutup.Jadi orang kafir adalah orang yang tertutup.Maksudnya orang yang hatinya sudah tetutup dari kebenaran dan tertutup dari petunjuk Alloh.Sehingga perbuatannya menjadi tercela,pikirannya kotor,dalam hatinya tumbuh sifat2 hati tidak terpuji,iri,dengki,dsb.
Apakah orang kafir itu kristen? apakah orang kafir itu hindu?apakah orang kafir itu buddha? apa konghucu?atau yahudi? atau Islam?
Menurut pendapat saya,yang kafaro(tertutup) itu adalah siapa saja,dari mana saja dia,beragama apa saja,dari suku,bangsa,etnis atau ras mana saja,kalau orang itu hatinya sudah tertutup dari kebenaran,hatinya penuh kebencian,permusuhan,iri,dengki.dusta dan sifat 2 tercela lainnya itulah KAFIR.
seperti di zaman Rosululloh SAW ada istilah orang kafir quraisy memusuhi nabi.Di situ jelas tidak semua orang suku quraisy itu kafir.Ada yang baik,ada yg jahat.yang selalu memusuhi nabi,menghalang halangi nabi berdakwah,dg berbagai cara yg kotor itu yg disebut kafir quraisy.Tapi yang tidak memusuhi rosululloh ya bukan kafir  namanya.
MEMAHAMI AYAT PERINTAH PERANG,HARUS MEMAHAMI KONTEKS DAN ASBABUN NUZULNYA
Kembali ke pokok masalah ,kalau kita baca ayat tsb ada 6 pokok isinya : 1.perintah perang 2.Orang yang di perangi yaitu mereka(orang kafir) 3.Tujuan perang yaitu agar tidak ada fitnah 4.Agar dalam beragama itu lillahi taala(hanya utk Alloh)5.kalau mereka sudah berhenti dari kekafirannya(maksudnya perang harus dihentikan.setelah mereka berhenti  memusuhi) 6.Serahkan semua kpd Alloh(hanya Alloh yang mengetahui isi hati mereka)
Siapakah yang diperintah perang ? ....umat Islam
Kenapa umat Islam di perintah perang?
1.QS :8:30 ...kalau orang kafir itu 1.mengadakan tipu daya untuk menghancurkan Islam 2. menangkap,membunuh,mengusir dari wilayah kedaulatan.
2.QS:8:31...Kalau di arahkan dan di ingatkan tentang kebenaran,mereka menertawakan(maksudnya di ingatkan agr segera berhenti dengan tipu daya dan permusuhan mereka tetapi mereka tidak mau berhenti)
3.QS:8:32 sampai ayat 37.....menerangkan sebab2 memusuhi Islam.
4.QS:8:38 sebelum perang wajib mengingatkan dulu,dg berbagai cara ,termasuk di ajak dialog,komunikasi,atau mengadakan perjanjian yang saling menguntungkan,dihadapi dg lemah lembut,yang intinya agar mereka berhenti memusuhi,atau mengurungkan niat akan menguasai dll.
5.QS:8:39 ...kalau dg segala cara dan upaya perdamaian menemui jalan buntu,dan mereka tidak mengurungkan niat jahatnya......barulah menjalankan perintah : PERANG.
Jadi perintah perang tidak serta merta,seperti yang dilakukan kelompok2 yg menamakan dirinya kelompok Islam.Mengadakan pembantaian tanpa alasan yg jelas,pengeboman di tempat umum.Peperangan mereka tidak mengikuti UU perang dalam Alquran.Maka saya katakan Mereka adalah termasuk Orang kafir.
Intinya Perintah perang dalam Alqur'an harus mengikuti aturan2 yang telah di tetapkan.
TATA CARA PERANG DALAM ALQUR'AN
Kata perang selalu di konotasikan dengan pertumpahan darah,angkat senjata,pembunuhan,pembantain dan tindakan sadis lainnya.padahal perang itu sesuatu yang mulia,kalau membela kebenaran.
1.perang melawan kemiskinan 2.Perang melawan Narkoba 3.perang melawan ketidak adilan dsb.
Jadi istilah perintah perang dalam Aquran jangan selalu di artikan pertumpahan darah.Dan semua agama di dunia,dan negara seluruh dunia pasti menyerukan hal yang sama.
Sekali lagi saya tegaskan : Siapa saja yang mengibarkan bendera Islam,tapi dalam mengartikan kata Perang dan penerapannya tidak sesuai dg UU perang dalam Alquran,maka Mereka itu bukan umat Islam......mereka adalah KAFIR
Semoga bermanfaat.


Previous
Next Post »